Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Ramadhan 1446 H/2025

Niat Puasa Ramadhan 1445 H/2025 - Alhamdulliah tahun ini kita kembali dipertemukan pada bulan puasa Ramadhan. Salah satu nikmat yang paling di nanti oleh sebagian umat muslim di seluruh dunia yaitu menyambut bulan puasa Ramadhan. Sama seperti beberapa tahun lalu admin sempat tidak begitu peduli dengan bulan puasa Ramadhan.
 
Sampai pada waktu itu mengurusi Ibu yang sedang menjalani perobatan sakita kangker stadium akhir dalam setiap harinya ia selalu berdoa "Ya Allah semoga tahun ini bisa kembali merasakan bulan puasa amin" tahun pertama beliau masih sampai pada puasa ramadhan. Begitu juga pada tahun berikutnya ia selalu berdoa yang sama yaitu semoga bisa merasakan bulan puasa lagi.
 

Seperti tahun sebelumnya beliau juga berdoa pada tahun ke tiga, hanya saja pada tahun yang sama penyakit yang di derita beliau sudah mencapai ke otak yang membuat kehilangan kesadaran. Hingga pada akhirnya beliau tidak bisa lagi berpuasa karena penyakit yang di deritanya namun terlihat sekali, ia masih terlihat bahagia.
 
Sesekali minta untuk berbuka puasa bersama dan meminta kami untuk membangunkan sahur, meski ketika sampai pada siang hari beliau seperti orang pikun makan seperti biasa tetapi doa Ibu tetap sama semoga tahun depan bisa menjalankan Ibadah puasa ramadhan lagi. Tetapi takdir berkata lain pada tahun ketiga beliau tidak lagi menjumpai bulan puasa ramadhan.
 
Sebagai anak muda yang merasa bahwa usia tua masih lama dan tidak terlalu peduli dengan puasa ramadhan namun setelah Ibu tidak ada saya selalu terngiang-ngiang doa yang selalu di panjatkanya, di sisa usianya yang sedang menjalani kehidupan ia selalu berdoa semoga bisa merasakan bulan puasa lagi. Jika dulu admin menganggap bulan puasa biasa saja.
 
Berbeda sekali dengan saat ini admin sadar bahwa salah satu nikmat terbesar adalah Puasa Ramadhan. Tiga hal yang selalu di minta Ibu 3 tahun sebelum meninggal mau banyak sedekah, selalu berdoa ingin sampai pada bulan puasa dan ingin sholat. Setelah pengalaman tersebut admin selalu teringat akan doa sang Ibu dimana sekarang ketika mendengar bulan puasa akan segera tiba rasa haru dan bahagia terasa.
 
Jika Almarhumah Ibu selalu berdoa agar tahun ini bisa menjalani puasa Ramadhan meski usianya hanya 3 tahun tetapi itulah salah satu yang ditunggu. Kita jauh lebih beruntung masih diberikan sehat dan umur, alangkah beruntunnya kita bisa melewati Ramadhan setiap tahun dengan penuh berkah, hanya saja masih banyak yang tidak menjalankan puasa.
 
Terutama orang yang masih muda merasa ajalnya masih jauh, badan dan usianya masih sehat dan umur masih panjang, untuk memperbaiki diri tidak harus menunggu sakit atau tua, Usia tidak ada yang tau tidak ada ruginya untuk memperbaiki sedikit demi sedikit. 
 
Doa-doa Ibu disepanjang akhir hidup masih terasa sangat melekat di kepala hingga saat ini. Kini kita sampai pada bulan suci akan jalani dengan ikhlas tanpa paksaan orang tua karena Ibu sudah tiada. Jika dulu yang selalu semangat untuk berpuasa adalah Almarhumah Ibu kini aku menjadi pengganti untuk mengajarkan kepada anak dan istri ku.
 
Semoga semua cerita bisa membah hidayah, Niat Puasa Ramadhan biasanya dibaca setelah sholat taraweh oleh imam, atau jika yang tidak ikut teraweh biasanya berdoa sebelum tidur. Akan kembali diulang setelah masuk pada sahur, berikut niat puasa ramadhan yang harus dibaca saat Sahur :
 
 
Niat Sahur Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i fardhi syahri Ramadhāna hādzihis sanati lillāhi ta‘ālā 

Artinya, “Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.” 

Kita akan diwajibkan untuk menahan haus dan lapar serta hawa nafsu baik bersifat keindraan maupun batin selama satu hari penuh mulai dari waktu sebelum subuh sampai magrib tiba, adapun niat berbuka puasa dibaca seperti berikut ini :

 

Niat Berbuka Puasa Ramadhan

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ 

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina 

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih. 

 

Semoga tahun ini kita kembali diberikan kelancaran dalam menjalankan Ibadah Puasa satu bulan penuh dalam keadaan sehat amin. Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga menjadi amal jariah bagi yang membaca dan menyebarkan amin.