Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerpen 2024 : Sahabat Ku Adalah Istri Ku

Cerpen 2024/2025 : Sahabat Ku Adalah Istri Ku  Episode 1 : Jangan Pernah Menikahi Teman Mu Karna Dia Tidak Akan Bisa Menjadi Teman Setelah Menikah - Impian ku sebelum menikah dulu adalah menikahi teman harapannya setelah menikah kehidupan menjadi lebih fleksibel tidak kaku, tidak ada drama baperan, tersinggung, atau marah karena berbicara berlebihan.
 
Dari referensi buku yang saya baca memang menikahi teman adalah kesempurnaan hidup, obsesi dalam buku terbawa ke dunia nyata, tanpa terasa pernikahan kami sudah memasuki usia 7 tahun nampak baik-baik saja, apa yang saya doakan dulu menjadi kenyataan dimana saya menikahi teman akrab, hanya saja kehidupan tidak seperti apa yang tertulis dibuku.
 

Drama cinta sepasang teman akrab yang menikah sangat membahagian, berbanding terbalik dengan kehidupan ku saat ini dimana semua keadaan berbanding terbalik, aku seolah menikahi orang yang tidak pernah aku kenal, semakin lama menikah semakin berbeda dengan apa yang di kisahkan dalam cerita, dari mulai pertama menikah hingga saat ini terasa bersama orang asing.

Dia yang dulu selalu menjadi dambaan setiap orang disekolah, selalu ceria dan tidak pernah baper seolah menghilang tenggelam dalam sebuah hubungan, bukan menikahi seorang teman lebih tepatnya menikahi seorang macan betina yang semakin lama aura liarnya keluar, semakin sedikit uang yang dihasilkan maka akan semakin sering dan keras auman macan betina itu.

Jika dirumah terasa seperti berada di dunia anime ada kata terlarang yang tidak boleh disebutkan, ketika kata itu anda katakan maka dipastikan akan ada perang dunia ke 3 dirumah selama 1 bulan. Aku lebih merasa juga pasangan bukan seperti sahabat seperti seorang pemandu kuis yang akan melemparkan klu-klu dari sebuah pertanyaan yang harus dijawab secara tepat.

Terkadang aku merasa kehidupan setelah menikah lebih mirip masa sekolah yaitu disetiap minggu ada ujian yang harus kita kerjakan, jika pasangan kita menginginkan sesuatu yang bulan ini kita tidak bisa beli maka itu akan menjadi sebuah teka-teki silang yang obrolan tiap hari muter-muter kearah sana. Kita juga harus peka dengan keadaan jangan sampai topik yang kita ceritakan tidak sesuai dengan mood hati pasangan.

Sebagai seorang suami kita juga harus pandai dan memiliki keahlian perdukunan yang bisa menebak isi hati tanpa harus mereka menjelaskan apapun, nah bagi yang belum memiliki segera cari gunung terdekat dan mulai hari ini bertapalah diatas sana dan carilah ilmu sebanyak-banyaknya agar kemampuan telepati anda meningkat dan akurasi tebakan dari apa yang pasangan kita inginkan bisa diketahui.

Berumah tangga seperti orang buta huruf yang tidak bisa membaca dan menulis tetapi disuruh membaca dan menulis. Pertengkaran rumah tangga kami hampir mayoritas di dasarkan pada salah bicara, sebagai seorang pekerja IT saya memiliki kemampuan menguasai berbagai bidang teknologi seperti AI, dan mesin pencarian.

Saya mencoba untuk mencari tau bagaimana cara mengetahui isi hati seorang istri tanpa harus ia katakan. AI pun tidak mampu menjawab pertanyaan itu. Dari perjalanan Kehidupan setelah menikah bersama, aku mulai sedikit mengerti dengan pola kebiasaan seorang wanita jangan sampai moment pembicaraan kita tidak tepat.

Ibarat kita sedang belajar matematika tetapi kita ketahuan mengerjakan pelajaran olahraga, kata-kata terlarang yang tidak boleh kita katakan seperti :

Mengatakan Boros pada saat keuangan sedang tidak baik-baik saja, atau kata berhemat diucapkan berulang saat keadaan belum gajian.

Jangan pernah mencaritakan tentang teman wanita kita di kerjaan ketika istri sering nonton sinetron perselingkuhan.

Jangan bantah istri yang cerita masalah viral seputar perselingkuhan seorang artis dimana suaminya adalah tersangka utama.

Jangan ikut marah ketika dia terlihat marah, jangan ikut sedih ketika pasangan sedang sedih, jangan ikut menangis jika ia sedang menangis.

Jangan cerita kampung halaman saat pasangan mu sedang rindu orang tua mereka.

Jangan membeli makanan apapun ketika dia masak dirumah, jangan pernah terdengar makan diluar saat dia rencana menyiapkan menu masakan besok.

Dari sini aku mulai mengerti kenapa seorang laki-laki menjadi introvet setelah menikah, aku melihat orang tua dirumah lebih banyak memilih diam, ketimbang berbicara, padahal seperti kata ahli psikologi kunci utama rumah tangga adalah komunikasi.

Setelah menikah pandangan tentang kehidupan rumah tangga berbeda dan aku cenderung tidak sependapat dengan para ahli apa yang mereka katakan tentang nasehat membangun rumah tangga adalah sebuah kondisi rumah tangga ekonomi yang stabil beda cerita jika kehidupan dengan ekonomi yang tidak baik-baik saja.

Amati Ayah kita rumah tiru apa yang dia jalani saat ini, jika ia banyak duduk sendiri berdian dirumah seharian dari pagi sampai malam, jika ditanya istri hanya mengatakan Iya itu adalah cara terbaik untuk menjalani kehidupan rumah tangga yang rukun. 

Wanita itu memikirkan sesuatu secara berlebihan dan berulang setiap saat untuk melakukan sesuatu ia memikirkannya berulangkali jadi tidak salah jika tingkat kekecewaan lebih tinggi jika sesuatu yang mereka pikirkan tidak sesuai dengan apa kenyataannya, semua laki-laki tau tentang itu, terkadang saya bukan tidak mengerti apa yang ada di dalam otak mereka tetapi waktu mereka menyampaikan tidak tepat seperti kondisi kita sedang banyak pikiran atau lagi stress berat.

Biasanya kita bisa mengalah dan mengatur emosi dikondisi ini biasa tidak bisa, terkadang seringkali terjadi seperti itu, bahkan setiap kali marahan sampai 1 bulan.

Utamnya jika seorang pasangan sedang memberikan dua pilihan pada kita yang harus dipilih maka itu sebenarnya bukan pilihan tetapi kompirmasi bahwa kita harus setuju dengan apa yang dipilih oleh pasangan tanpa harus protes jelek atau bagus.

Aku kira dengan menikahi teman dan menjadikan istri kehidupan rumah tangga akan seperti teman tidak ada drama marah-marah, jadi pesan moralnya menikahi teman akrab saja setelah menikah tidak bisa menjadi teman apalagi menikahi orang lain.

Tidak heran kehidupan seorang laki-laki setelah menikah ada yang mendadak suka mancing, sendiri, bahkan berdasarakn pemeriksaan semasa SMA saya dilahirkan seorang Ekstrovet setelah 7 tahun menikah mendadak menjadi seorang Introvet sejati.

Wanita itu diibarkan seperti anak kecil yang menenangkannya harus dengan lembut, melarangya dengan cara yang baik, dan mampu menuruti apa yang diinginkan. Wanita tidak peduli dengan kedaan apapun, itulah sebabnya setelah menikah sama seperti menikahi macan betina, bersabar dan banyak diam adalah kunci keberhasilan seorang suami menghadapi pasangan.

Semoga para suami menjadi introvet yang baik amin.